Selasa, Desember 26, 2006

Bringing Linux to Campus with Kuliax


Setelah minggu lalu berhasil mendownload file iso Kuliax-6 di mirror TE UGM, saya baru mencobanya kemarin dan belum sempat mereview lebih dalam. Oh ya, distro ini hasil oprekan anak-anak bangsa yang tergabung dalam Masyarakat Digital Gotong Royong (MDGR), kalau nggak salah hasil gebetan masyarakat UI, tapi terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung untuk mengembangkannya bersama di milis komunitas yang disediakan, kuliax@googlegroups.com. Jangan khawatir masalah bahasa, karena warga milis ini kebanyakan orang Indonesia.

Kesan saya pertama kali menggunakan Kuliax-6 ini adalah cukup ringan, padahal cukup banyak paket software development yang disertakan seperti Sun Java 5, Python, SWI Prolog hingga pemrograman Pascal dengan FreePascal. Pemrograman Pascal hingga sekarang masih digunakan untuk pengajaran seperti Struktur Data atau Algoritma dan Pemrograman, dan masih banyak lagi. Saya kira sangat cocok digunakan untuk Lab. Praktikum Komputer dasar pemrograman, yang setahu saya hampir kebanyakan laboratorium komputer menggunakan software proprietary yang sangat mahal. Saya nggak tahu legalitasnya, daripada ribut dikirain 'kesiangan' mending positive thinking saja ah ... hehehehe.

Yang menarik, pada Documentation disertakan Pengantar Sistem Operasi Komputer yang ditulis dan diperbaharui secara berlanjut oleh MDGR.

Oh ya, saya sendiri mencobanya dengan virtualisasi, keuntungannya saya rasa cukup banyak, seperti bisa mencoba berbagai sistem operasi (bukan poligami lho, tapi ... incip-incip hehehehe ...), kemudian menjalankan berbagai sistem operasi pada satu komputer, hingga membuat jaringan komputer virtual. Untuk pengguna Windows bisa menggunakan MS Virtual PC yang bisa di download gratis di situsnya MS. Syarat untuk menjalankannya cukup mudah, komputer minimal cukup 'kaya' dan 'kuat' dulu, seperti memori sebaiknya lebih dari 512Mb dan prosesor minimal 1 Ghz.

Nah, setelah di-incip, gimana rasanya?

5 komentar:

  1. Kuliax adalah distribusi sistem GNU/Linux yang dihasilkan oleh Kuliax Project mas :-)

    BalasHapus
  2. Weks ... iye-iye ...
    Btw,saya berani menilai dari sisi pemanfaatan Kuliax rame banget dibanding IGOS Nusantara 2006.
    trus, stwn itu siapa ya? ada nggak orang kuliax yang kasih tahu? kalo ada ya ... seep, mantap :D

    BalasHapus
  3. Sun Java 5 (versi Demo)? bukan versi demo mas tapi itu demo aplikasi bawaan Sun Java 5 JDK. Sun Java 5 JRE dan JDK-nya nggak demo.

    BalasHapus
  4. Aduuh ... maaf apabila salah, saya belum melihat terlalu dalam dan belum sempat coba Java, apalagi saya masih baru belajaran. Tapi istilah demo itu yang saya comot dari nama menu-menunya.
    Well ... sudah saya ralat.

    BalasHapus
  5. cara nginstall di xp gimana dengan menggunakan virtual box dan yang dari ugm berbentuk rar cara di jadiin ke iso gimana?

    BalasHapus