Minggu, Oktober 05, 2008

FSCK is File System ChecK

Sekedar dokumentasi saya saja, pasalnya, tempo hari saya mendapati file fsck0000.rec, fsck0001.rec, dst, di partisi FAT32 yang saya gunakan sebagai data-storage. Tadinya saya kira virus yang menyerang Linux Ubuntu, tapi ternyata file itu adalah hasil auto-renaming oleh fsck saat booting yang ke 25 kalinya, kemudian fsck -- dalam hal ini dosfsck -- menemukan beberapa file yang tidak konsisten atau berada pada blok yang bermasalah akibat crash atau power-loss, dan mengubah file-file yang bermasalah tersebut menjadi file fsck0000.rec di atas sesuai jumlahnya. Pada intinya, file tersebut diselamatkan dari kerusakan dan tetap bisa digunakan, walaupun ekstensinya berbeda (.rec).

Fsck itu sendiri terkenal di lingkungan Unix Command, kalau di Windows yang biasa dikenal adalah Defragmentation, Scandisk, atau Chkdsk -- yang sering menghasilkan file chk0000 dan berukuran besar menyita ruang hardisk. Fsck biasa digunakan untuk file system DOS seperti FAT. Perintah fsck bisa dilihat di manualnya, contohnya:

$ sudo fsck -v -n -t vfat /dev/sda1

Yang terpenting adalah tidak melakukan fsck pada file system ext3 dalam kondisi mounted, karena berpotensi mengakibatkan data corruption/loss, lagipula ext3 tak perlu di-fsck atau didefrag. Setting fsck berada di fstab, sedang untuk mengubah-ubah aturan yang lebih luas bisa dicoba program kecil AutoFSCK.

39 komentar:

  1. saya menggunakan kubuntu 9.10, sering kali sistem saya mengalami crash pada saat boot (GUI tidak tampil, yang tampil hanya prompt) ini terjadi setelah update sistem pada KUBUNTU.
    DUlu, saya begitu bingung mengatasinya karena tidak ada pesan sama sekali, sehingga pernah tampil pesan untuk melakukan 'fsck'. OK sekarang jika sistem saya crash seperti diatas tinggal ketik 'fsck' pada terminal, buzz masalah beres...

    BalasHapus
  2. Hi Bang, berharap Abang masih check blog Abang, I need help untuk masalah FSCK.rec ini, dia muncul di smartphone Android saya, bisa tolong dijelaskan cara repairnya di bahasa simplenya bagaimana? karena saya kurang mengerti bahasa IT, in this case saya memakai Windows 10.

    Dan kalau misalnya kalau file ini dihapus apa tidak masalah?

    thank you sebelumnya, Bang.

    BalasHapus
  3. saya punya sdcard 64GB. tiap kali booting android kok file fsck0000 muncul ribuan. bahkan bisa sampai 9000 file fsck. terus dari memori telepon di copy ke sdcard selalu file rusak. ada solusi om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya saya seperti ini bagaimana cara mengembalikannya ya

      Hapus
  4. Halo bang, saya dpt sial yang fresh nih -_- singkat saja mau pindahin file foto dari sdcard ke hp . Eh ada Fsck000.rec(pokoknya fotonya jadi extensi itu semua). Cara beneerin gmna bang, kasih penjelasan dengan bahasa awam saja bang

    BalasHapus
  5. Hallo mas. Mau tanya dan minta bantuan.. sya menggunakan hp oppo a3s.. waktu itu sya memindakan file foto saya dri internalnke external(sdcard) kemudian file yg di internal sya hpus wktu sy cek file di eksternal ternyata file tidk ada ttpi sya menemukan file (fsck000.rec dan seterusnya) waktu sya buka ternyata itu foto2 sya..pertnyaan sya bagaimana cara mengembalikan file tersebut menjdi seperti file pda umum nya ya mas.. terima kash 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udh tau caranya share ya mas, hehe kasusnya sama kyk punyaku

      Hapus
    2. Punya saya seperti itu kalo udah tau jawabannya tolong share ya . Terimakasih

      Hapus
    3. sedih punya ku begini juga kejadianya pengen nangissss :(((((

      Hapus
    4. di rename dari .rec jadi. jpg punyaku juga gitu,dan alhamdulilah bisa

      Hapus
    5. kok punyaku gajadi ya?

      Hapus
  6. Sama nih saya juga,gimana ya caranya

    BalasHapus
  7. cara benerin file nya gmana, bangsat ?

    BalasHapus
  8. Nah luh, 7000 file setiap kali reboot.

    BalasHapus
  9. saya jg di mmry external....ribuan... mhon bntuan cara mngtasinya mz

    BalasHapus
  10. Di rename z extension .rec jd .jpg pakai file manger, misal FSCK000.REC jadi FSCK000.JPG tu file balik lg jd foto/image

    BalasHapus
    Balasan
    1. d hp ane oppo bisa gan, ada 17 file FSCK ane rename .jpg jd file foto lg, klw size'a d ats 5mb bisa coba rename .mp3 ataw klw d atas 10mb d rename pake .mp4 siapa tau itu file lagu/musik/vidio, goodluck..

      Hapus
    2. klw ga bsa jg, coba agan cari tau nama2 extension buat file foto/music/vidio itu apa z, cz d hp ane buat foto tu cuma ada .jp .png, buat lagu .mp3 .m4a, buat vidio cuma .mp4

      Hapus
  11. Cara ngebaliin rile fsck ke file aslinya lagi gimana bngst

    BalasHapus
  12. Kalau dihapus bakal ada data yang hilang gak ?

    BalasHapus
  13. Caranya ganti .rec dg ekstensi awalnya. Misal aslinya file foto jpeg, rename .rec dg .jpg.

    BalasHapus
  14. Kemarin saya menyalin data ( video dan foto) dari hp oppo F7 ke flashdisk otg. Setelah tersalin ke flashdisk dan saya buka, muncul sekitar 10000 ribuan file Fsck.rec. apakah file tsb bisa di buka? Apakah file dari hp yang sudah tersalin ke flashdisk otg masih utuh atau ikut rusak? Mohon bantuannya dan solusinya ya agan agan semua yang tau baik hati dan tdk sombong. Please...help me.

    BalasHapus
  15. yg bner yg mana sih,kga bisa semua

    BalasHapus
  16. kalo di hapus gimana nih? ini tuh sebenernya file apa? di aku setiap tibatiba byk bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo misal dihapus apa yg terjadi? fotonya ilang apa GMN?

      Hapus
    2. Pertanyaan yg sama apa akan ada file yg hilang atau bermasalah ?

      Hapus
  17. Pakai Oppo A3s kemarin juga kejadian ini, memory tiba² tidak bisa membaca, terus dicek pakai card reader ada 126 file fsck, ini maksudnya gimana to?��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangsaaaaat tidak ada jawaban yg akurat.. Pda tolol begok

      Hapus
    2. sabar banh, gak cmn loe koq yg ky gt

      Hapus