Senin, Mei 28, 2012

Tarik ATM di BNI46 Hanya 50 Ribu, Biayanya 25 Ribu?

HARI Minggu sore kemarin, 27/5/2012, saya bersama anak-anak jalan-jalan ke Toko Buku Gramedia di Balikpapan Center untuk sekadar refreshing sambil melihat kalau saja ada informasi buku baru. Mengingat sekadar jalan-jalan, kami membatasi uang jajan harus tak lebih dari anggaran.

Dalam perjalanan menuju tempat tujuan, kami sempatkan mampir di anjungan tunai SPBU Pertamina Kalianyar Balikpapan untuk mengambil sejumlah kecil dana. Awalnya, saya masuk ke mesin ATM BCA karena memang saya miliki kartu ATM BCA. Di mesin ATM tersebut ternyata hanya menyediakan nominal 100 ribuan saja, padahal saya butuh 150 ribu. Setelah berhasil menarik 100 ribu, saya menuju ATM Mandiri, tetapi batal karena tidak menyediakan 50 ribuan.

Pilihan berikutnya saya beralih ke deretan mesin ATM BNI, dan berhasil menarik 50 ribuan dengan kartu ATM BCA saya. Tetapi saya tersentak, jumlah saldo saya berkurang cukup drastis! Sekitar 25 ribuan!

Bukti transaksi dilihat melalui Internet Banking BCA, Senin, 28/5/2012. Dok. pribadi.


Senin pagi ini, 28/5/2012, saya sempatkan cek di Internet Banking BCA dan memang benar, saldo Interchange berkurang 25 ribu. Saya tidak tahu apakah biaya sebesar 25 ribu tersebut adalah biaya untuk BCA atau BNI, atau untuk keduanya?

Alangkah baiknya jika di mesin ATM (semua Bank) tersebut ditempel pemberitahuan mengenai rincian biaya tarik antar bank (Interchange) dalam jaringannya. Agar masyarakat yang tidak menjadi nasabahnya tidak menjadi korban biaya yang tidak diketahui seperti ini. Bukankah saat ini kita masuk dalam era keterbukaan informasi?

Sungguh ini pengalaman berharga, barangkali ini bermanfaat untuk pembaca yang lain.

Update:
Informasi lengkap disini!

19 komentar:

  1. Bank yang masuk List ATM bersama diAntaranya Bank Mandiri.
    Dan dalam daftar Bank yang memiliki fasilitas ATM bersama hanya Bank Mandiri yang mempunyai hubungan khusus dengan BCA.
    Jadi bisa Free of Interconnection Cost. ;)

    BalasHapus
  2. saya mengalami hal yang sama, tadinya karna gak mau jauh2 nambil uang, jadi coba2 ngambil di atm BNI yg dekat dengan rumah tanpa mencari informasi dahulu berapa biaya tarik tunainya...ternyata untuk penarikan dana nasabah BCA di atm berlogo cirrus dikenakan biaya 25000, kalo mau irit cari atm nya yang berlogo alto mas, cuma kena biaya 5000....

    BalasHapus
  3. Iya mahal banget lah... kemarin saya juga kaget... ambil uang di ATM BNI dan berkurangnya 50rb... kesel... padahal ngambilnya cuma 100rb.. huhuhu..

    BalasHapus
  4. Waduh, apalagi saya punya uang cm 165000 d atm bca. Mau ambil 150 ga bs padahal buat malem mingguan. Akhirmya terpaksa ambil 100rb. Eh pas di struk saldo sisa 30rb. Pas sy cek di internet bankimg ada biaya 25rb...malang bener nasib wongcilik ky saya...arrggh...biaya yg sangat2 gilak dan edan .

    BalasHapus
  5. saya memiliki pengalaman yang sama. hari ini saya belanja di Minimarket berharap bisa memakai Kartu BCA saya buat gesek (sok kaya). Karena emang duit di dompet cuma 20rb, padahal habis 40rb. Eeeehh ternyata alat geseknya rusak dan terpaksa ambil dulu di ATM terdekat dan hanya ATM BNI yg ada...
    Kuaget nya karena saldo berkurang 75rb, padahal hanya ambil 50rb. serasa ga ikhlas td ambil uangnya... tp mau gmana lg. Padahal kemarin saya ambil di ATM BRI dengan kartu BCA saya hanya kepotong 5rb..
    BNI memang "MENYEBALKAN"

    BalasHapus
  6. benar2 informasi yang baik pak,dulu saya klo kesupermarket dan menggunakan ATM potongan nya hanya RP 5000,meskipun 5000 sebenernya sayang juga..hemat :),beda lagi klo pake BCA,jadi karna sekarang beberapa supermarket sdh ada yang free ya jadi gag takut klo gag bawa uang kes..

    TRIMS infonya pak berharga banget..5000 aja udah sedih apalagi 25 ribu ..bisa kepikiran..hehehehe

    BalasHapus
  7. Tadi pagi 01/11/2012 hari Kamis, saya ambil uang pake kartu BCA di ATM BNI, pas dicek di internet banking saya kaget juga kena potongan 25ribu, Brengsek juga tuh Bank ga transfaran. mentang2 Bank Plat Merah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaliknya jg sama.yg BNI tarik tunai di atm BCA jg kena 25000.jd sama brengseknya dong. Krn dia jaringan cirrus emang biayanya 25000.tp kalo sesama atm bersama ato alto cm 5000.begono...

      Hapus
  8. BCA emang mahal bro.. soalnya BCA gak gabung di jaringan atm bersama.. jd kalau ente tarik BCA di atm lain mahal bro.. tp rasanya mandiri kerjasama dgn bca. klo ane sie lebih pilih nabung di bank yg bnyk ATM nya bro.. :D

    BalasHapus
  9. Iya sih, sebenarnya karena jaringan logo 'cirrus'-nya yang bikin mahal, bukan karena bank-nya yang plat merah atau swasta.
    sebab fee itu berlaku internasional, bahkan 25.000 masih lebih murah dibanding rata-rata fee kartu debit internasional yang sejumlah 3,5 USD + 2-3 % nominal transaksi via ATM.

    BalasHapus
  10. Makanya, lw pngen yg murah2, dan mudah, nabung atau simpen uang ny di bank yg pling bnyk atm ny, biar lw lg dmana dan kapan aja mw narik uang tunai gk susah, gk nyari kmana mana, seperti BRI/BNI kn atm ny bnyk trsebar dmana2.

    BalasHapus
  11. waduh ane baru aja buka rkning BNI pakai ATM ,tanggal 1 ,storan awal 200ribu .. dan tanggal 5 ane nabung lgi 300ribu,,, seharusnya saldo 500ribu ,tapi jumlah saldo 490ribu.. Kok gitu ya baru 5hari dah kepotong 10ribu padahal AtM nya juga gak ane apa apain... Merugikan kalau begini caranya hah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukannya itu memang ada biaya administrasinya ya

      Hapus
  12. Iya, kalo tarik tunai di atm berbeda karena logo cirrus biayanya emg 25000. Tp kalo logo ATM bersama atau ALTO cuma 5000. Lbh aman sich ambil di atm yg sama. Misal BNI di atm BNI,ato BCA yg di atm BCA kalo gk mau kena biaya. Sy jg pernah buru2 cm mw ambil 100rb. Waktu itu atm BNI (sy nasabah BNI) lg error,pas sblhnya ad atm BCA. Lgsug aja sy ke atm BCA krn mw cpt. Bbrp hari kmdian,transaksi selanjutnya sy liat di atm BNI ternyata saldo sy berkurang 25000 pdhl sehrsnya gak ada ptongan krn sy nasabah BNI syariah wadiah (jd gk ada biaya administrasi bulanan ato biaya lain kecuali tarik tunai di atm berbeda),baru sy ingat sy pernah ambil melalui BCA. ternyata atm logo cirrus mahal juga ya.

    BalasHapus
  13. BRusan sya alamin kejadian kya gini,..niatnya cuma ngambilin duit punya temen...malah sendirinya tekor..nasib nasib..

    BalasHapus
  14. Dan sayapun termasuk orang yg kena cash 25rb. Gara2 kurangnya info :|
    Tp ini dr bank lain narik tunai via atm bca :3 #awful

    BalasHapus
  15. Wuih sy banget nih, ambil uang pake pake atm BRI melalui mesin atm bank mandiri. Kena ptongannya 15rb. Padahal sama2 di jaringan atm bersama.... G

    BalasHapus
  16. saya tadinya mau sekedar cek saldo di Atm BRI deket rumah cuma iseng, terus aku klik cancel,dan memasukan kembali kartu. Pas saya cek saldo ternyata tinggal 12rb asal saldo 40rb saya heran dan merasa itu yang kepotong berhara banget jadi sayang...

    BalasHapus