Jumat, November 30, 2007

Nggak Puas dengan Hasil Foto, Gunakan saja Gimp!


Beberapa hari yang lalu, saya menyanggupi jalan-jalan bersama anak-anak dan istri yang lebaran lalu tidak sempat ke kampung neneknya di Surabaya, setelah itu dilanjutkan ke Yogyakarta menemani saya, ya ... buat pengalaman untuk anak-anak menjadi si bolang he he he ...

Biasanya, acara foto-foto menjadi bagian yang membuat acara jadi lebih menarik selain sebagai kenang-kenangan. Nah, hasilnya setelah dilihat-lihat, kok ada saja foto-foto yang dirasa masih kurang pas, seperti pada dua kali memotret di Candi Prambanan ini. Gambar pertama, saya memegang payung sewaan, pakai topi sehingga menutupi wajah, lalu aksi anak-anak tidak fokus pada kamera, hmm ... kurang sip dech.

Akhirnya memotret lagi, eh ... begitu siap, payung yang awalnya saya sembunyikan ternyata nggelundung diterpa angin, akibatnya anak-anak melihat ulah payung nggelundung itu, duh ... mau memotret lagi? Wah, sudah nggak sempat, karena banyak orang lewat.
Satu-satunya cara adalah memaksa 'saya' mengalah untuk berpindah posisi, dan membuang payung dengan bantuan tools gratis dari Gimp, dengan sedikit menaikkan saturasinya dan menurunkan pencahayaannya agar tidak terlalu terang. Walaupun anak-anak terlihat sibuk sendiri, tapi hasilnya cukup puaslah ... ;-)

2 komentar:

  1. Pak, artikel yg ini tampilannya ngaco ketika di view dari Netscape Navigator 9 saya... just info, tampilan blog pak Subur jadi kurang sip jadinya... :-)

    BalasHapus
  2. Wedew... hare gene pake Netscape hehehe ...
    Iya, saya lihat di browser yang jalan di Windows kelihatan amburadul, hmm... saya coba-coba dengan Firefox, Opera ok ok saja, mungkin diatur lagi sisi kanan semua ... maybe right?

    BalasHapus