Selasa, Mei 08, 2012

Tutorial PHP dan MySQL: Form Update Data

SEBENARNYA ini melanjutkan kuliah pemrograman web diploma-3 tadi pagi, yang membahas bagaimana membuat form update. Dalam diktat saya sudah ada langkah-langkahnya, namun tampaknya ada kendala versi, sehingga beberapa penulisan variable tidak dikenal oleh PHP versi terbaru (yang saya pakai PHP Version 5.3.10-1ubuntu3.1). Karena keterbatasan waktu, praktikum menjadi melebihi batas waktu yang tersedia karena tersita mencari solusi tersebut, apalagi ada juga sintaks SQL yang saya lupa, halah... :-D

Untuk itu perlu saya tulis disini dalam bentuk tutorial yang sudah jadi, barangkali bisa bermanfaat dan meningkatkan rating blog ini. :-D

Agar membuat program lebih mudah, biasakan untuk menggunakan logika. Logika ini berdasarkan analisis atas data yang kita peroleh beserta rancangannya. Secara sederhana, program yang akan dibangun akan bekerja sesuai dengan logika yang kita susun berdasarkan desain yang kita rancang. Soal konsistensi program, keamanan, dan lain-lain kita abaikan lebih dulu.

Data

Ambil contoh data siswa dengan database kuliah pada MySQL, dengan struktur tabel siswa sebagai berikut:

CREATE TABLE `siswa` (
`nim` varchar(10) NOT NULL,
`nama` varchar(50) default NULL,
`tanggal_lahir` date default NULL,
PRIMARY KEY (`nim`)
);


Analisis dan Desain

Disini saya jelaskan melalui alur logika yang menjelaskan bagaimana program nanti akan bekerja. Alur logika ini saya tulis di papan tulis berupa Flow Chart basic seperti gambar di bawah ini, yang di sebelah kanan menjelaskan desain antarmuka salah satu langkah. Adapun algoritma atau perintah-perintah di dalam alur logika tersebut yang memerlukan pengulangan atau pengambilan keputusan langsung saya jelaskan di kelas. :-)



Implementasi

Berikut kode programnya:


Testing

Jika diakses hasilnya kurang lebih seperti ini.



Semoga bermanfaat.

* Catatan: style programming masing-masing orang mungkin berbeda, tutorial ini hanyalah untuk pemula yang baru belajar.

4 komentar:

  1. Bagaimana kalo diganti Nilai..
    Caranya sama kah pak??

    BalasHapus
  2. alur logikanya sama, bedanya ada di desain yg menampilkan beberapa tabel, sehingga query juga menggunakan multitable

    BalasHapus
  3. wah terima kasih mas ilmunya, akhirnya saya mengerti cara untuk melakukan update :D

    BalasHapus
  4. Waaah, sukses terus gan sama tutorial2nya

    BalasHapus