Minggu, November 02, 2008

Photoblog: Gerabah Kasongan Bantul


Gerabah Kasongan
Originally uploaded by suburanugerah

Medio Juni - Juli lalu saya mengunjungi pusat kerajinan gerabah di Kasongan Bantul Yogyakarta. Keistimewaan daerah ini adalah hampir semua penduduknya memiliki produksi keramik antik dengan harga yang relatif terjangkau. Saat saya singgah ke salah satu rumah produksi terlihat tengah melakukan pekerjaan packing dalam satu container untuk diekspor ke Australia. Di lain tempat, menurut penjaga galery yang saya temui mengatakan pernah melakukan export ke Belanda, Italia dan beberapa negara Eropa lainnya.

Saya belum tahu apakah krisis global akhir-akhir ini memberikan pengaruh yang cukup berarti pada proses produksi. Pasalnya, dari informasi yang saya dapat justru perolehan pendapatan terbesar adalah melalui export ke luar negeri.

Berminat memiliki?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar