Senin, April 07, 2008

Antara Andong, Iklan dan CRM



Andong nyentrik dan iklan telekomunikasi, kira-kira penumpangnya dapat benefit juga ya?

PS: Saya tidak tahu, bagaimana cara perusahaan telekomunikasi sekarang ini mempertahankan dan mengembangkan pelanggan loyalnya? Apakah di perusahaan tersebut menerapkan Customer Relationship Management (CRM)?

Secara umum dapat dikatakan bahwa CRM akan dibutuhkan bila usaha untuk mendapatkan pelanggan baru tidak mudah dan memerlukan dana yang jauh lebih besar dibandingkan dengan biaya untuk mempertahankan pelanggan lama. Malah ada yang mengatakan, bahwa dari hasil penelitian mempertahankan pelanggan yang sudah ada jauh lebih mudah dibandingkan dengan mendapatkan pelanggan baru.

Hmm... masak iya sich? Mungkin ini yang menyebabkan hak-hak pelanggan loyal terabaikan, seperti pelanggan pasca-bayar yang tetap bayar mahal. Kalau begitu bagaimana kalau penggunaan CRM perlu ditinjau ulang? Atau mungkin memang salah menerapkan? Atau mungkin lebih penting untuk ganti-ganti nomor baru?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar