Selasa, Juni 24, 2008

Produktifitas Menggunakan PLBOS

Perangkat lunak bebas dan Open Source (PLBOS) bisa digunakan untuk produktifitas kerja? Kenapa tidak? Tentu bisa dong. Sepengetahuan saya, saat ini penggunaan Linux sudah semakin banyak, beberapa bulan lalu saya masuk kelas, beberapa teman menggunakan sistem operasi bawaan dari pembelian laptopnya, Windows Vista. Saat itu, mungkin hanya saya saja yang menjadi bahan cibiran sebagai satu-satunya orang yang menggunakan barang gratisan dekstop Linux untuk kegiatan belajar – cieee... sok gaya elo... -- hehehe... iya, saya hanya user biasa yang baru belajar dan tidak mengerti apa-apa. Sebenarnya ada teman yang menggunakan Linux untuk server pribadinya, walaupun dalam keseharian tetap menggunakan Vista. Tapi entahlah, lambat laun saya lihat kini ada beberapa teman yang menggunakan Linux di laptopnya, ada yang menggunakan Linux Mint, Ubuntu, OpenSuse, Fedora, bahkan ternyata banyak yang mahir. Walaupun demikian, satu dua orang ada yang masih menggunakan Vmware untuk sekedar coba-coba. ;-)

Bukan hanya itu, Linux kini sudah hampir selalu digunakan di komputer kantor-kantor, perpustakaan, bagian tata usaha, administrasi keuangan, beberapa divisi dalam perusahaan, yang digunakan untuk operasioal sehari-hari menunjang proses produktifitas perusahaan dan sebagainya. Jadi, bisa dikatakan “ndeso” kalau kini belum tahu Linux. ;-)
Salah satu hal mengapa kini Linux banyak digunakan oleh masyarakat luas adalah kemudahan mengoperasikan dan dukungan pengembangannya yang sangat luas. Hampir segala perangkat keras komputer dapat menjalankannya, dan apabila kesulitan pun hampir selalu ditemukan solusinya di Internet atau teman terdekat. Ya, walaupun tidak tertutup kemungkinan banyak juga yang stress gara-gara gagal sini gagal sana... ;-)

Kalau begitu, kalau memang mudah menggunakan Linux dan OSS, contohnya apa?

Hmm... iya ya, kadang lebih suka omong doang, omdo gitu, nggak cocok dengan kenyataan sebenarnya. Hmm... gimana ya, ya... maafinlah, namanya juga manusia, oiya, berikut saya tuliskan tutorial Mudahnya Membuat Animasi dengan GIMP di Linux, yang saya posting di situsnya KPLI Balikpapan, mudah-mudahan bermanfaat. ;-)

Ditulis disela-sela mengerjakan PR, lagi bete... :P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar