Minggu, Februari 03, 2008

Di Borobudur, Kaki Limanya Luar Biasa


Awal Desember tahun lalu, saya, istri dan anak-anak sempat jalan-jalan ke Candi Borobudur, Magelang. Karena kunjungan ini pertama kalinya buat anak-anak, maka saya sebelumnya jauh hari harus mengenal medan lebih dulu, survey gitu, supaya minimal nggak tersesat di jalan keluar, yang memang sepertinya sengaja dibuat “sesat”. Lho kok? Pasalnya, saat survey, saya benar-benar tersesat setelah mengikuti petunjuk jalan menuju pintu keluar yang diarahkan melewati lapak-lapak kaki lima, yang sengaja dibuat berkelok-kelok panjang sekali dan harus melewati lapak-lapak yang lainnya, beuh... kalau memang nggak niat beli suvenir di lapak, dijamin ngomel-ngomel capek dech. Jadi, paling tidak kudu nyiapin tenaga buat supaya kedua kaki ini kuat naik turun candi yang luas itu, juga buat lewat lapak-lapak.

Nah, karena sudah tahu jalan sebelumnya, maka saya memotong jalan tidak mengikuti petunjuk jalan yang terpasang di sana, padahal dilarang dilalui untuk umum, masa bodoh ah, kasian anak-anak capek dech. Dari belakang saya lihat turis asing berjalan cepat-cepat mengikuti arah jalan saya. Awalnya saya cuek saja, tetapi setelah turis-turis ini melewati saya, saya baru sadar, turis-turis ini jalan cepat karena dikejar pedagang suvenir, coba lihat, si turis cewek ketawa-tawa saja sampai mau minta tolong, wakakak...

Memang, pedagang kaki lima seperti ini jumlahnya luar biasa di kawasan wisata Indonesia, dan sudah menjadi pemandangan umum, kabarnya, di Bali malah lebih luar biasa aksinya, hmmm...

Omong-omong, coba tebak, di foto itu, berapa jumlah turisnya?

3 komentar:

  1. tahun lalu saya juga dari sana dg keluarga dan ponakan2... bener pak, ruame dan kaki5, asongan sangat mengganggu :-)

    BalasHapus
  2. Iya begitulah Pak, Bisa dijadikan pengalaman.
    Terima kasih atas kunujungannya Pak.

    Salam,
    sa

    BalasHapus
  3. Kaki lima ?
    begitulah meraka mencari makan, begitulah mereka menggantungkan hidup, begitulah mereka mengais rejeki, begitulah merek mewarnai Indonesia, dan yang jelas begitulah warna Indonesia apa adanya ....

    BalasHapus