Senin, Februari 25, 2008

Mana yang Lebih Tepat, Donatur atau Sponsor?

Beberapa hari yang lalu, saya mengirimkan email ke beberapa rekan dan kolega saya, berkaitan dengan sebuah sistem informasi yang saya kembangkan sendirian. Dalam email tersebut saya meminta pertimbangan atau saran tentang program yang rencananya saya letakkan berupa icon pada sistem tersebut. Program itu adalah “Buy me a coffee”. Biasanya, program seperti ini diambil oleh pengembang-pengembang program open source independen dalam menjaga eksistensinya agar tidak layu kekurangan dana. Beberapa contoh yang dapat kita lihat seperti “Do you like my service? Buy me a coffee” atau “Give me a cup of coffee” dan sebagainya yang pada dasarnya adalah sama. Terkadang dari kita, ada sebagian yang memandang hal ini adalah 'hina', seperti mengemis atau meminta imbalan, sehingga tidak pantas dan dianggap murahan. Mari kita tilik lebih dalam.

Sebagai contoh, saya sering menggunakan aplikasi atau piranti lunak bebas yang sering saya peroleh dengan gratis, dan pengembangnya membolehkan siapapun untuk menggunakannya dengan bebas. Dalam penggunaan sehari-haripun, piranti lunak ini mampu membantu saya mengekpresikan diri, melakukan improvisasi, menyelesaikan persoalan-persoalan kecil, belajar, produktifitas kerja hingga sekedar mencari hiburan, bahkan saya memperoleh benefit dari hasil kreatifitas mengolah piranti lunak ini. Artinya, saya benar-benar terbantu oleh piranti lunak ini walaupun pengembangnya membolehkan saya menggunakannya dengan gratis sesuai lisensi yang termuat di dalamnya, dengan tanpa ada ketergantungan terhadap piranti lunak ini. Sewaktu-waktu saya bisa merubahnya sendiri atau berpaling menggunakan piranti lain yang lebih baik bila ada. Saya, adalah salah satu dari sekian ribu atau sekian juta pengguna piranti lunak ini dan merasa terbantu. Sebagai rasa terima kasih, terkadang di antara pengguna ada keinginan membalas jasa-jasa para pengembang piranti lunak ini, yang sebegitu besarnya membuat perubahan dalam pembangunan manusia cerdas di seluruh dunia.

Tapi, bagaimana caranya?

Ada banyak cara, seperti membantu para pemula memanfaatkan piranti lunak ini, mengirimkan donasi langsung ke rekening bank atau paypal mereka, atau salah satunya dengan “membelikan secangkir kopi” seperti yang mereka inginkan. Para pengguna piranti lunak yang berbaik hati ini sadar, bahwa dengan eksistensinya piranti lunak tersebut dapat membantu perubahan-perubahan dunia ke arah yang lebih baik.

Lalu, mana yang lebih tepat bagi Anda, sebagai donatur, sponsor ataukah tidak sama sekali?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar