Rabu, September 24, 2008

Membingungkan, Penggunaan Kata dalam Berita di KaltimPost

Sebagai orang yang sementara waktu ini tinggal di luar Balikpapan, saya sangat terbantu dengan adanya situs KaltimPost yang menampilkan berita-berita terkini seputar Balikpapan dan Kalimantan Timur. Meski demikian, sejak beberapa tahun lalu (2006?) ketika membaca edisi cetaknya, saya sering menemui penggunaan kata berbahasa Indonesia yang tidak lazim -- setidaknya menurut kebiasaan saya selama ini. Contoh penggunaan kata "dimulakan" pada judul berita ini: "Kontraktor Sudah Ditetapkan, Pembangunan Siap Dimulakan". Mungkin di sini maksud "dimulakan" adalah "mulai dikerjakan" atau kalau tidak salah konon menggantikan kata "dimulai" yang juga dianggap tidak tepat. Ketika merujuk KBBI, kata "dimulakan" -- dari kata "mula" -- malah sulit saya temukan, begitu juga kata "dimulai" -- dari kata "mulai". Ada yang bisa menjelaskan?

Ada juga penggunaan kata "sekira" pada contoh kalimat ini: "Di ruang tamu, ada sekira enam plakat berwarna hitam yang terpajang rapi di dinding". Biasanya, untuk kalimat tersebut saya lebih memilih kata "sekitar" sebagai adverb -- kata keterangan -- yang menyatakan "lebih kurang; kira-kira (untuk bilangan)" daripada kata "sekira". Mulanya saya kira penggunaan kata "sekira" ini hanya salah ketik, tetapi setelah membaca tuntas, dan membaca lagi beberapa topik berita yang berbeda, tampaknya kata "sekira" lebih cenderung dipilih redaksi Kaltimpost untuk menyebut kira-kira suatu bilangan, daripada menggunakan kata "sekitar". Sesekali tengok KBBI, saya kira gaya menulis berita di media massa komersial sangat berbeda dengan gaya tulisan blog pribadi. Bukan begitu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar