Minggu, Agustus 27, 2006

City Tour Wireless Broadband

Sabtu kemarin, saya bersama Pak Setyo dan Pak Djumhadi menyanggupi tantangan muter-muter kota njajal EVDO, lumayan mumpung gratis dan masa promosi. Saya nggak tahu, ternyata katanya uji coba EVDO Indosat ini yang pertama di Indonesia, dan dipilihlah Balikpapan. Ok dech, saya nggak mau dibilang promosi, yang jelas kesan saya mencoba wireless ini lumayan puas. Saat dalam perjalanan menuju Bandara Sepinggan, akses Internet cukup mulus, test speed dengan sijiwae berkisar 250 - 400 kbps, masih jauh dari yang ada dibrosur, 2,4Mbps. Sedangkan dengan 2wire antara 150 - 250kbps. Bahkan saat perpindahan antar BTS turun hingga 80 kbps.
Untuk video streaming saya pake Google Earth melihat kota Balikpapan, hanya saja software agak bermasalah, sehingga hasilnya nggak memuaskan. Tapi Pak Setyo berhasil zooming kota Jakarta dan kelihatan jelas Tugu Monas.
Kesan saya, kalo' cuma untuk akses Internet biasa semisal browsing, blogging, mail, chat tanpa video streaming sudah cukup bagus, hanya saja EVDO akan lebih mahal jika hanya untuk itu saja.
Ok, selamat datang wireless broadband, (semoga) selamat datang internet murah.

4 komentar:

  1. kalo dengan kecepatan segitu,bukannya nggak jauh beda kalo kita make GPRS dari ponsel pak????
    yah walaupun dari segi layanan GPRS sangat terbatas seh.hehehehe
    untuk layanan akses internet,menurut bapak mana yang lebih baik,speedy ato produk indosat????

    BalasHapus
  2. Semua ada kurang lebihnya, pengalaman saya pake GPRS, adalah mahal & speednya lambaaat ... sekali. Sampe nggak bisa diukur pake speedmeter.

    Speedy di Balikpapan bagus banget, cepat, kalo pas sepi saya bisa dapat 325kbps. Tapi sayang, speedy harus pake kabel, wirelessnya ya cukup lokal area saja. Seperti di kampus B.

    Kalo' EVDO-nya Indosat, satu kota Balikpapan ini bisa dapat, mobile wirelessnya tinggi. Saya nulis dan posting ini pake StarOne, sudah cukup bagus. Mumpung masih masa promosi, lumayan Rp 0,2/kb, seharian surfing paling habis 5000 perak, itu sudah capek banget depan komputer :)

    BalasHapus
  3. I think that wireless broadband should be as much as possible throughout the city because it is very convenient for all the people who use the Internet.

    BalasHapus
  4. These wireless technologies made our life the way easier, special thanks for the internet, I love it.

    BalasHapus