Jumat, Februari 24, 2006

Lulus, apa mBendol …

Semester ganjil telah berakhir, tinggal tunggu hasilnya secara menyuluruh. Untuk saya sendiri sebenarnya sudah selesai begitu ujian akhir matakuliah selesai. Seperti biasa, setelah diperoleh nilai akhir berupa nilai huruf, hanya ada 2 pilihan: Lulus atau nggak Lulus alias mBendol.

Kalo’ saya lihat perkembangannya, sepertinya mahasiswa sekarang khususnya jurusan Teknik Informatika daya tangkapnya dalam menerima materi kuliah ataupun aktif sendiri mencari informasi diluar materi kuliah sangat luar biasa. Hanya saja sangat mencolok terdapat perbedaan penerimaan, ada yang cepat ada yang lambat. Nggak masalah asalkan yang lambat sharing dengan yang pinter. Belajar itu memang nggak mudah kalo’ nggak ada motivasi dan komitmen, kadang itupun nggak cukup, masih dibarengi dengan usaha, doa dan tentu hasilnya Kita pasrahkan.

Jika dilihat nantinya nilai akhir kurang memuaskan, itulah memang hasilnya sesuai data aktifitas perkuliahan yang ada. Nilai akhir tersebut sesuai kesepakatan yang pernah saya sampaikan saat awal perkuliahan, dimana diperoleh dari presensi kuliah, tugas, kuis dan ujian akhir semester. Kadang dalam perkuliahan pun saya biasanya membuat tantangan berupa tanya jawab penyelesaian soal yang tentu saja ada bonusnya. Dan bonus ini adalah sebagai bentuk apresiasi saya menghargai usaha, keberanian dan kemampuannya. Tujuan tantangan ini adalah memacu mereka agar lebih aktif dalam proses belajar mengajar memanfaatkan sempit dan terbatasnya pertemuan, selain itu membantu mengangkat hasil akhir yang sangat kurang. Kadang ada yang merasa tidak puas atas tantangan ini, karena sifatnya yang mendadak sedangkan banyak yang nggak siap, ah, namanya tantangan ya tentu saja dibuat demikian. Kalo’ diberitahu dulu “Anak-anak … besok ada tantangan ya … materinya ini dan itu …” rasanya kok pernah dengar kalimat ini disampaikan guru saya saat masih sekolah dasar dulu, he … he …

Tapi, ya udah, akhirnya materi ujian saya sampaikan sebelum ujian bahkan jauh hari sudah online 24 jam 7 hari terus menerus, lengkap sekalian trik dan tipsnya, hasilnya … apa yang terjadi? Ternyata sama aja.

Maka, saya sampaikan selamat bagi Anda yang berhasil dengan baik, untuk yang mbendol, jangan khawatir … masih ada waktu semester depan mengulang kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar