Selasa, Oktober 10, 2006

Oh ... Situs Balikpapan ...


Sudah beberapa kali situs balikpapan.go.id terkena hack, mungkin sudah ratusan kali. Biasanya, situs ini hanya kena deface saja. Dan menurut pantauan saya, para hacker berasal dari luar Balikpapan maupun dalam kota.

Saya sendiri, pun pernah memberi tahu pak admin yang kebetulan saya mengenalnya baik, bahwa ada sesuatu yang kritis pada situs CMS itu. Namun seperti biasa, admin hanya berterima kasih dan menerima saja masukan tanpa ada tindakan yang berarti.

Kesan saya sebagai warga kota melihat aktifitas situs ini sebenarnya sangat menarik karena dinamis dan cukup ramai, sangat berbeda dengan situs-situs pemerintahan lainnya yang hanya tampil cantik tapi garing informasi dan forum yang mati. Bahkan, kebanyakan guestbook situs pemerintahan selalu dipenuhi oleh sampah-sampah basi yang sangat menyebalkan.

Apabila diperhatikan dengan seksama, dengan dinamisasi situs terlihat masyarakat kota Balikpapan kini telah berusaha untuk melek Internet dengan baik, media Internet menjadi salah satu media paling tepat untuk menyalurkan segala uneg-uneg yang tersumbat. Media cetak lokal yang biasanya sangat kritis, sedikit tampaknya bergeser ke arah birokrasi dan ini juga nampaknya dibaca masyarakat.

Ah, saya jadi ngelantur nih, bicara soal situs, eh, ke politik ..., nggak ah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar